Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Rabu, 24 Februari 2016

Benarkah Bulu Kuduk Berdiri karena Ada Hantu ?

JAKARTA - Masyarakat kuno mengatakan, bulu kuduk yang berdiri menandakan adanya kehadiran makhluk halus, namun mitos akhirnya ini terbantahkan. Sekelompok ilmuwan mengungkap penyebab asli fenomena ini.

Seperti dikutip Everyday Health, Rabu (24/2/2016), penyebab fenomena ini adalah "reaksi terhadap bahaya" dalam diri seseorang. Hal ini pertama kali ditemukan oleh Walter B Cannon, fisiolog dari Harvard.

Ketika menghadapi bahaya, otak secara otomatis akan melepaskan hormon adrenalin ke seluruh tubuh. Adrenalin yang mengalir secara cepat menyebabkan jantung berpacu dengan cepat dan telapak tangan berkeringat.

Setelah adrenalin mengalir, otot pada lengan kita akan berkontraksi. Setiap otot yang berkontraksi membuat rambut di kulit itu berdiri dan agak menonjol. Selain rasa takut, suhu dingin juga dapat menyebabkan bulu kuduk berdiri.

Fenomena ini juga terjadi pada hewan. Ketika kucing merasa terancam dengan kehadiran predator, bulu mereka secara otomatis akan berdiri untuk menakut-nakuti sang predator.


(kem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar