Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Senin, 25 Januari 2016

Bukan Pagi Hari, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

Selasa, 26/01/2016 08:37 WIB

Hestianingsih - wolipop

Jakarta - Minum kopi di pagi hari menjadi andalan Anda agar lebih bersemangat saat bekerja dan menjalani aktivitas seharian? Bisa jadi, kebiasaan yang Anda lakukan selama ini salah.

Banyak orang menganggap bahwa kopi di pagi hari adalah 'energy booster' yang mumpuni untuk menyegarkan mata serta otak. Namun pagi hari ternyata bukanlah waktu terbaik untuk menyeruput nikmatnya espresso, cappuccino atau caffe latte. Seperti dikutip dari Huffington Post, waktu ideal untuk mulai menikmati justru setelah Anda sampai di kantor, yaitu sekitar pukul 10 pagi.

Di pagi hari, jumlah hormon kortisol di dalam tubuh sedang tinggi-tingginya. Hormon stres inilah yang menjaga mata Anda tetap 'terbuka' dan tingkat kewaspadaan pun tinggi. Ketika tingkat hormon kortisol tinggi, tubuh sebenarnya tidak memerlukan tambahan stimulan seperti kafein untuk menyegarkan otak tan tubuh.

Efek kurang baik justru bisa timbul akibat minum kopi di pagi hari. Mengasup tubuh dengan kafein di pagi hari akan memberi sinyal pada tubuh agar lebih sedikit memroduksi kortisol. Alhasil tubuh jadi ketergantungan pada kopi agar mata dan tubuh tetap segar di pagi hari. Padahal, membiarkan tubuh berfungsi dengan semestinya merupakan cara yang lebih baik ketimbang dipicu faktor dari luar.  

Minum kopi sebaiknya tidak lebih dari tiga cangkir sehari dan minumlah pada saat-saat tertentu saja untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Seperti dijelaskan di atas, pada pagi hari tepatnya antara pukul 08.00 - 09.00, level kortisol tinggi sehingga tidak perlu 'bantuan' kopi untuk menyegarkan tubuh maupun otak.

Pada pukul 10.00 - 11.00, produksi kortisol mulai turun, juga gula darah yang menyebabkan tubuh sedikit lemas. Pada saat inilah Anda membutuhkan secangkir kopi.

Menjelang dan saat makan siang yaitu sekitar pukul 12.00 - 13.00, kortisol kembali naik dan menurun lagi di pukul 14.00 - 17.00. Maka disarankan Anda meminum kopi pada waktu-waktu tersebut agar melawan rasa lesu dan kerja lebih produktif. Menjelang malam, tidak disarankan meminum kopi karena akan meningkatkan stimulasi otak yang efeknya bisa beberapa jam setelahnya, menyebabkan sulit tidur. (hst/ays)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar