Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Minggu, 27 Maret 2016

Hal yang Sama Berbahayanya dengan Makan Cepat

MAKAN cepat bisa membuat Anda tersedak, asam lambung naik, atau kegemukan bila menjadi kebiasaan. Tidak hanya itu, kegiatan lain yang dilakukan terburu-buru atau terlalu cepat juga bisa berakibat fatal. Apa saja itu?

Bernapas terlalu cepat

Orang dewasa yang sehat bernapas 10-14 kali per menit, tetapi beberapa orang bernapas hingga 20 kali atau lebih. Baik bisa ataupun tidak bisa dikontrol, ini dapat menyebabkan gejala seperti kesemutan di jari-jari dan sekitar bibir, jantung berdebar-debar, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan sindrom iritasi usus besar.

Fiona Troup, seorang fisioterapis di Six Physio di London, mengatakan bahwa orang dengan gejala ini akan bernapas melalui mulut, bukannya melalui hidung. Hal ini menyebabkan penurunan kadar karbon dioksida dalam darah, sehingga oksigen tidak bisa dilepaskan ke otot dan organ tubuh.

“Bernapas cepat adalah kebiasaan buruk. Ini bisa dilakukan ketika Anda sering alami stres tinggi, nyeri punggung atau leher, trauma emosional atau operasi, "kata Troup, sebagaimana dilansir dari laman Dailymail, Senin (14/3/2016).

Napas cepat dan sesak napas juga dapat menjadi tanda adanya penyakit paru-paru, terutama asma dan bronkitis. Dengan kondisi seperti ini, saluran udara di paru-paru menyempit, sehingga udara sulit mengalir baik ke dalam maupun keluar.

Minum terlalu cepat


Minum air putih dan cairan lainnya terlalu cepat dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut, sendawa, dan risiko asam lambung naik atau asam refluks karena kelebihan asam menyebabkan cairan naik ke esofagus atau kerongkongan, kata Dr Susan Shirreffs, seorang pakar hidrasi di Loughborough University.

Risiko fatal juga terjadi bila seseorang minum alkohol terlalu cepat. Tubuh akan kesulitan memproses alkohol dengan cepat, sehingga peminum cepat tidak hanya bisa pingsan, tapi juga melebihi batas minum yang bisa ditanggung tubuh.

Apa yang harus dilakukan? Makan makanan kecil sebelum minum alkohol dan akan memperlambat laju penyerapan etanol ke dalam aliran darah Anda, kata Profesor Wallace. "Tapi, bagaimanapun, konsumsi alkohol harus sesuai dengan saran kesehatan atau pemerintah," tambahnya.

(hel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar