Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Minggu, 14 Februari 2016

Ini Takaran Minum Air Putih yang Dianjurkan Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

Jakarta - Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi adalah cukup minum air putih. Selain itu, air putih juga dipercaya menjadi kunci utama demi mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Seringkali dianggap sebagai 'minuman ajaib', tak sedikit orang yang minum banyak-banyak air putih dalam sehari sehingga perutnya terasa kembung. Padahal kebutuhan cairan bisa berbeda-beda tergantung dari aktivitas, tinggi dan berat badan.

Dr. Caroline Cederquist, M.D, penulis buku 'The MD Factor Diet' mengatakan, meminum air putih memang membantu menjaga hidrasi tubuh. Tetapi tidak cukup hanya dengan itu. Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, harus dikombinasikan dengan mengonsumsi pola makan seimbang, yakni menyantap makanan berprotein yang cukup dan lemak sehat atau lemak tak jenuh.

Lantas berapa banyak air yang harus dikonsumsi agar tubuh lebih terhidrasi lebih baik? Dr. Caroline menyarankan 64 ons setiap harinya atau setara dengan 1.800 ml (sekitar 1,8 liter) per hari.

"Saya sarankan untuk menambahkan 220 ml air putih untuk setiap orang yang kelebihan berat badan sebanyak 11 kg," jelasnya seperti dilansir dari Byrdie.

Dr. Caroline melanjutkan dengan memberikan contoh kasus, jika seseorang kelebihan berat badan sebanyak 22 kg dari berat badan normalnya, maka dia memerlukan 1.800 ml air ditambah 220 ml di kali 2. Sehingga, orang tersebut disarankan untuk meminum air putih sebanyak 2.240 ml (sekitar 2 liter) setiap harinya. Sementara orang dengan berat badan normal cukup minum sekitar 1,5 - 1,8 liter sehari.

Ia juga menekankan, untuk menjaga kadar air di dalam tubuh, hindari makanan olahan dan makanan tinggi lemak jenuh serta tetap mengikuti pola makan seimbang. Ia juga menyarankan untuk membawa botol air minum kemana pun Anda pergi agar tetap terhidrasi. (int/hst)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar