Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Minggu, 14 Februari 2016

Bukan Cokelat, 5 Makanan Sehat yang Efektif Meredakan Stres

Jakarta - Cokelat panas, permen, cake dan es krim disebut-sebut sebagai makanan yang bisa membantu meringankan stres atau bad mood. Tidak salah memang, karena makanan tersebut mengandung karbohidrat tinggi yang melepaskan serotonin, hormon pemicu rasa tenang dan bahagia.

Namun yang menjadi masalah, cokelat, es krim dan teman-temannya juga mengandung gula, lemak serta kalori yang tidak kalah tinggi. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan kegemukan hingga kulit kusam. Jika dimakan terus menerus, makanan berlemak dan bergula juga berpotensi meningkatkan risiko diabetes.

Sebenarnya ada alternatif makanan lain yang lebih sehat untuk meredakan stres agar tidak terjadi berlarut-larut. Selain lebih sehat, juga kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan dan tubuh tetap ideal. Ini dia lima pilihannya.

1. Ubi
Ingin makan karbohidrat selain nasi, roti atau kentang? Coba pilih ubi kukus. Ubi mengandung karbohidrat yang lebih lama dicerna tubuh sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil. Manfaat serotonin Anda dapat, tapi kesehatan tubuh terjaga dan tetaplah ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

2. Blueberry
Buah yang kaya antioksidan ini tidak hanya berkhasiat menjaga kesehatan tubuh tapi juga efektif meredakan stres. Vitamin C yang terkandung di dalam blueberry diyakini bisa mengurangi efek buruk dari stres. Kaya akan serat, blueberry juga membantu mengatur gula darah karena cenderung lebih lama dicerna.

3. Daging Kalkun
Daging kalkun mengandung asam amino tryptophan, yang dipercaya juga bisa melepaskan serotonin di otak. Serotonin menghasilkan sensasi yang menenangkan dan meredam stres. Daging kalkun tanpa lemak tentu lebih sehat dan rendah kalori ketimbang cake, es krim atau cokelat.

4. Asparagus
Asparagus kaya akan folic acid, zat yang fungsinya sama seperti serotonin yakni membuat perasaan dan emosi lebih tenang. Sayuran dengan aroma khas ini bisa dikonsumsi dengan cara direbus, dijadikan campuran salad atau dibuat sup.

5. Daging Merah
Daging merah mengandung vitamin B dan zinc, dua komponen yang juga efektif mengontrol stres. Namun daging merah juga memiliki lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Maka untuk menjaga makanan yang Anda konsumsi tetap baik bagi tubuh sebaiknya pilih daging tanpa lemak. Batasi pula konsumsinya, misalnya hanya beberapa iris daging yang dimakan bersama salad atau sayuran. (hst/hst)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar