Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Selasa, 19 Januari 2016

10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang bisa dilalui dengan mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal agar kemungkinan diterimanya besar. Dalam melamar pekerjaan, ijazah saja tidak akan cukup. Nilai-nilai yang tampil dalam transkrip pun tak akan membantu banyak. Karena pada dasarnya ijazah hanya syarat minimum saja. Selebihnya kamu harus memiliki kemampuan yang mumpuni dan membuat perusahaan sulit untuk menolak.

Sebelum melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Ada baiknya kamu memerhatikan sepuluh hal di bawah ini. Dengan memerhatikan hal-hal tersebut, jaminan kamu diterima akan semakin besar. Bahkan sekali menyebar lamaran, banyak perusahaan akan meminta kamu bergabung dan menjadi bagian dari lingkungan kerja mereka. Yuk, kita simak!

1. Melakukan Riset pada Perusahaan

Sebelum lamaran kamu layangkan ke sebuah perusahaan. Ada baiknya kamu mempelajari perusahaan tersebut. Coba melakukan riset mendalam mengenai apa saja yang ada di sana. Bagaimana lingkungan kerja dan jenjang kariernya. Kamu bisa bertanya kepada seseorang yang mungkin pernah atau masih bekerja di sana, dan mengorek informasi yang kamu butuhkan. Atau kamu juga bisa membuka situs web perusahaan dan membacanya. Jika perusahaan tersebut memang bagus, tak ada salahnya untuk mencoba melamar.

Meski mendapatkan pekerjaan memang sulit, tapi kita tak mau juga kan bekerja di sembarangan tempat?

2. Mengirimkan Dokumen secara Lengkap

Hal ini mungkin sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi, kamu harus bisa mengirimkan dokumen yang tak bisa ditolak oleh mereka. Misalnya, kamu memberikan semacam portofolio dan juga daftar kemampuan yang hebat. Buat mereka penasaran dari dokumen yang kamu kirim. Lihat contoh surat lamaran kerja untuk membantu kamu.

3. Membuat Personal Branding

Di zaman serba modern ini, memiliki personal branding yang hebat akan membuat kamu gampang direkrut perusahaan. Cobalah membangun personal branding sesuai dengan kemampuanmu. Buat dirimu seprofesional mungkin, hingga banyak orang mengenal dan mengakui kemampuanmu.

Zaman sekarang banyak sekali media sosial profesional yang bisa digunakan untuk memperkuat branding diri, seperti LinkedIn. Dengan menggunakan media sosial profesional, kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan sebelum kamu melamar pekerjaan, mereka akan mencari dan menawarkan posisi yang bagus dan gaji yang menggiurkan.

4. Mempersiapkan Diri Saat Wawancara

Perusahaan yang tertarik dengan berkas yang kamu kirim pasti akan menghubungi lagi untuk melakukan wawancara. Mereka akan menanyakan banyak hal terkait dengan keinginan pekerjaan serta hal-hal lain yang sepertinya tidak nyambung. Dalam wawancara, kamu tak perlu bingung dan gugup. Persiapkan mental kamu dengan matang.

Dengan mental yang matang, maka hal-hal buruk selama wawancara bisa dihindari. Banyak kasus buruk terjadi pada orang yang sebenarnya sangat hebat. Ia juga memiliki keahlian yang tinggi. Namun saat wawancara, ia gugup dan akhirnya semuanya hancur. Itulah mengapa kamu harus mempersiapkan mental. Selebihnya jika memang kamu kompeten, semua pertanyaan pasti bisa dijawab dengan baik.

5. Jangan Memusingkan Masalah Gaji

Jika kamu seorang profesional dan bukan pertama kalinya melamar kerja. Membicarakan gaji di awal bukanlah hal yang salah. Namun jika kamu baru pertama kali bekerja, terlebih masih fresh graduate, membicarakan gaji justru akan memperkecil peluang kamu diterima. Lebih baik gunakan prinsip memberi terlebih dahulu, baru menerima hak.

6. Jangan Terlalu Membanggakan CV (Daftar Riwayat Hidup)

Barangkali kamu memiliki CV yang panjang. Banyak kegiatan dan prestasi akademik kamu lakukan ketika aktif menjadi mahasiswa. Namun yang mereka cari bukanlah CV yang panjang, melainkan kemampuan yang kamu miliki yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kemampuan kamu sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan. Jangan sampai kamu menampilkan kemampuan yang tidak dicari oleh mereka. Misalnya kamu sedang melamar ke perusahaan farmasi, jangan menunjukkan kemampuan kamu dalam akuntansi, karena tidak akan nyambung. Lihat contoh daftar riwayat hidup di sini.

7. Tingkatkan Kemampuan Kamu

Pastikan kamu memiliki kemampuan yang sangat baik. Bila perlu, ambillah kursus terlebih dahulu agar saat wawancara atau tes kamu bisa melaluinya dengan mudah. Jika hal ini kamu lakukan, maka kesempatan kamu diterima akan lebih besar. Bila kemampuan kamu sangat bagus dan diminati perusahaan, mereka akan langsung meminta kamu untuk bergabung.

8. Perbanyak Pengalaman Kerja

Saat masih mahasiswa atau masih fresh graduate, lebih baik kamu mengambil pekerjaan freelancer. Usahakan yang berhubungan dengan jurusan kamu. Pekerjaan itu akan secara langsung meningkatkan kemampuan kamu dalam bekerja. Dan lagi, biasanya banyak sekali perekrut kerja yang mencari pegawai dari para freelancer yang sudah terbukti mampu melakukan tugas dengan baik.

9. Siap Bekerja Tanpa Protes

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan apakah kamu bisa bekerja tanpa protes. Bekerja di bawah sebuah perusahaan artinya kamu harus mau bekerja di bawah peraturan mereka. Jadi jika kamu akan dipindahtugaskan ke luar kota atau bahkan ke pelosok, kamu tidak bisa dan tidak boleh protes. Jika kamu masih belum bisa mengatasi hal ini, lebih baik berpikir dua kali jika akan melamar pekerjaan.

10. Semangat Pantang Menyerah

Kamu bisa jadi ditolak puluhan hingga ratusan kali saat melamar pekerjaan. Jadi pastikan kamu tidak down, atau bahkan frustrasi gara-gara melamar pekerjaan tapi tak segera diterima. Jadi selalulah semangat, hingga pekerjaan kamu dapatkan.



Itulah 10 hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan semoga kamu segera direkrut oleh perusahaan yang telah jadi incaranmu sejak lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar