Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Kamis, 28 Januari 2016

Ikuti Langkah Ini untuk Racik Teh Tubruk yang Enak

Teh tubruk dipilih karena menghasilkan aroma dan rasa teh yang lebih enak. Untuk membuatnya diperlukan langkah dan teknik perebusan yang tepat.

Teh tubruk atau teh daun yang diseduh langsung dengan air panas terdiri dari banyak jenis. Ada teh putih atau hijau, teh oolong, teh hitam, dan pu-erh. Seperti dilansir dari Wiki How (23/01)​ dan beberapa sumber​, inilah teknik menyeduh teh tubruk yang enak.

1. Rebus air

Jenis air berperan penting dalam penyeduhan teh. Sebaiknya pilih air dalam kemasan atau yang sudah disterilkan. Penggunaan air keran berpotensi membuat baunya lengket ​di teh. Jikapun menggunakan air keran, dinginkan rebusan air selama 10 detik sebelum digunakan untuk minum teh. Pastikan pula hanya merebus air satu kali. Jika merebus air lebih dari sekali, kadar oksigen dalam air akan berkurang dan membuat rasa teh hambar.

2. Bilas teko

Sebelum menyeduh teh, bilas teko dengan air panas. Cara ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu air sebelum dan saat diseduh​. S​ekaligus membersihkan bau atau kotoran yang menempel pada teko. Sebaiknya pilih teko berbahan keramik agar mempertahankan suhu panas lebih baik.

3. Masukkan teh

Daun t​eh bisa dimasukkan langsung ke dasar teko atau menggunakan infuser/saringan. Menyeduh daun teh langsung alias tanpa alat memungkinkan teh mengeluarkan rasa tambahan sehingga lebih enak. Jumlah teh yang dimasukkan sekitar 3 sendok kecil, kecuali ada instruksi yang menyebutkan jumlah teh secara khusus. Jumlah ini sebenarnya begantung pada jenis, ‘kekuatan’ teh, serta selera pribadi. Karenanya dibutuhkan beberapa kali eksperimen untuk mengetahui jumlah teh yang memenuhi selera Anda.

4. Tuangkan air panas

Tuangkan air dengan gerakan memutar agar penyeduhannya merata. Menuangkan air ke satu sisi berpotensi merusak kualitas teh yang berada pada sisi tersebut. Jumlah air yang dituangkan sebaiknya sebanding dengan jumlah teh yang dimasukkan. Sebagai contoh 5 cangkir air untuk 5 sendok teh yang dimasukkan. Sementara untuk suhu air bervariasi antar jenis teh.
- Teh putih atau hijau: panaskan air hingga suhu 76-85C. Setelah itu, matikan api dan dinginkan air selama 30 detik sebelum dituang (untuk teh putih) dan 60 detik untuk teh hijau.
- Teh oolong: panaskan air hingga suhu 85-98C lalu tuang.
- Teh hitam: panaskan air hingga mendidih atau suhu 100C lalu tuang. Penting untuk memastikan air mendidih agar senyawa dalam teh hitam dapat keluar.
- Teh pu-erh: panaskan air hingga mendidih atau suhu 100C lalu tuang.

5. Diamkan beberapa saat

Setelah air dituang, rendam daun teh hingga waktu tertentu. Untuk teh oolong biasanya berkisar antara 4-7 menit, eh pu-erh 2-5 menit, teh hitam 3-5 menit, dan teh hijau 2-3 menit.

6. Keluarkan daun teh

Singkirkan dauh teh dengan mengeluarkan infuser/saringan jika digunakan. Jika tidak menggunakan alat, saring secara manual dengan memindahkan air teh ke teko lain.

7. Sajikan

Teh disajikan sesuai selera. Beberapa orang suka menambahkan susu, gula, lemon, atau madu untuk menambah cita rasa. Hindari menambahkan lemon dan susu bersamaan dalam teh karena susu akan meng​gumpal​. Jika menggunakan susu, tuang dulu susu ke dalam cangkir baru ditambahkan teh.

(odi/msa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar