Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Senin, 09 Januari 2012

4 Manfaat Jalan Kaki


 Simak bagaimana kegiatan sederhana ini dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Jadi, mulailah program jalan santai untuk mendapatkan berbagai manfaat  untuk kesehatan dan kebugaran!
Baik untuk jantung Anda: Berjalan secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol berlebih. Kedua hal ini merupakan penyebab penyakit jantung.
• Menurut studi yang meneliti kebiasaan dan kesehatan 72.000 wanita, tiga jam jalan cepat setiap minggu, yang setara dengan 30 menit per hari, dapat menurunkan resiko seorang wanita terkena penyakit jantung sebesar 30% hingga 40%.
• Pada tahun 2001, sebuah studi lainnya menemukan bahwa dengan berjalan 9.700 langkah per hari selama 24 minggu, wanita dengan tekanan darah tinggi dapat mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan penurunan  berat tubuh.
• Peneliti Harvard mengamati 11.000 pria dan menyimpulkan bahwa satu jam olahraga secara teratur, berupa latihan sedang (setara dengan jalan cepat), dilakukan lima hari seminggu, dapat mengurangi risiko terkena stroke pada laki-laki hingga 50%.
• Memperkuat tulang dan sendi: Berjalan lebih ringan bagi sendi  dibandingkan aktivitas berat seperti berlari atau aerobik. Tetapi, berjalan tetap berefek positif mengurangi risiko osteoporosis dan cidera.
• Kegiatan konsisten, seperti berjalan, mengurangi risiko seseorang mengalami patah tulang pinggul, berdasarkan penelitian lebih dari 30.000 pria dan wanita pada usia 20-93.
• Ulasan 24 studi kasus, yang meneliti hubungan latihan aerobik dan kepadatan tulang mineral pada perempuan, menunjukkan bahwa berjalan hanya 30 menit per hari, beberapa kali seminggu, cukup untuk meningkatkan kepadatan tulang dalam jumlah sedang (sekitar dua persen) dibandingkan  tanpa olahraga. Berjalan adalah bentuk olahraga yang paling banyak dilakukan oleh peserta.
• Kontrol berat: Berjalan mungkin tampak seperti sebuah kegiatan santai, tetapi dengan intensitas yang benar, berjalan dapat meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori dalam jumlah yang signifikan. Efeknya, Anda dapat mencapai dan menjaga berat badan yang ideal.
• Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menunjukkan 30 menit jalan kaki selama beberapa hari dalam seminggu dapat memberi manfaat penurunan berat badan yang sama seperti  60 menit jalan kaki (dengan kombinasi diet tepat).
• Para peneliti dari Pusat Nutrisi di Health Sciences Center Universitas Colorado mengatakan bahwa cukup dengan berjalan kaki selama 15 menit (atau sekitar 2.000 langkah perhari) dan mengurangi sedikit menu makan dapat membantu Anda mencegah kenaikan berat badan.
• Tanpa mengubah pola makan, sebuah program jalan kaki menemukan bahwa peserta yang melakukan 2.000 hingga 4.000 langkah per hari, yaitu sekitar 1 sampai 2 mil, masih bisa memperoleh penurunan berat badan dalam jumlah yang sedang,  yakni sekitar 2.5 kg per tahun.
• Manfaat untuk Kesehatan Pikiran: Sebuah daftar panjang manfaat kesehatan mental telah dikaitkan dengan olahraga, termasuk depresi berkurang, tidur lebih baik, dan beberapa manfaat lainnya.
• Wanita yang lama duduk, setelah mengikuti  program jalan kaki, dilaporkan mengalami peningkatan mental dan kepuasan emosional, serta penurunan stres, menurut Jurnal Perawatan Holistik yang diterbitkan pada tahun 2006.
• Majalah Wanita & Kesehatan menerbitkan studi lain yang mengambil sampel 128 perempuan. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang berjalan lebih banyak memiliki kesehatan mental yang lebih positif.
• Penelitian lain mengambil sampel 124 orang dewasa. Pada penelitian ini ditemukan bahwa mereka yang mulai melakukan jalan kaki selama 45 menit tiga kali seminggu selama enam bulan, mampu mengerjakan tugas kognitif lebih baik dibanding mereka yang hanya melakukan peregangan atau latihan ringan. Para peneliti menilai bahwa peningkatan kebugaran kardiorespirasi pada pejalan kaki melancarkan aliran darah ke otak, yang membantu meningkatkan fungsi otak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar