Alamat

Office : Jl Susukan Raya No. 15A Desa Susukan Bojonggede - Bogor Tlp : 021 87982805 BBM : 552C988E Contact Person Bayu Syahrezza : +628991551947

Sabtu, 14 Januari 2012

INGIN MENJADI PEMIMPIN BERANI BERTANGGUNGJAWAB


Tanggungjawab, jelas merupakan syarat utama bagi setiap pribadi untuk menjadi pemimpin . Tanggungjawab juga salah satu syarat penting untuk menjalani kepemimpinannya yang bermartabat . Sayangnya bagi sebagian orang , rasa ini lambat sekali tumbuh dalam dirinya . Akibatnya , orang ini sangat mengecewakan saat diberikan amanah .

Dalam sebuah organisasi , orang sering kali menuntut tanggungjawab begitu besar pada seseorang yang diberikan amanah kepemipinan .Pemimpinlah orang pertama yang harus mencari dan mendapatkan jalan keluar setiap permasalahan organisasi yang ada . Menjamin ketersediaan sarana prasarana organisasi . Mendidik anggota organisasinya secara lugas dan tegas . Mengayomi seluruh anggota organisasinya dan sederet tanggungjawab lainnya .
Namun dalam hal ini bukan berarti setiap anggota organisasi tak memiliki tanggungjawab dalam urusan lancarnya laju maju sebuah organisasi . Kata tanggungjawab ada dua maknanya, yang pertama,bertanggungjawab kepada…, yang kedua bertanggungjawab terhadap…
Seorang Presiden misalnya, Beliau bertanggungjawab kepada rakyatnya,terhadap segala tindakan dan keputusan yang ia ambil selama menjadi Presiden . Kedua, unsur tanggungjawab ini akan selalu melekat bersama dalam setiap jabatan atau status sosial yang ia miliki . Seorang pemimpin sebuah organisasi akan bertanggungjawab kepada anggotanya terhadap segala tindakan dan keputusannya selama ia memangku jabatan kepemimpinannya itu . Begitu juga setiap anggota organisasi , ia akan bertanggungjawab kepada pimpinannya terhadap segala tindak tanduknya sebagai anggota dari sebuah organisasi .
Selain itu tanggungjawab memiliki dua tingkatan yaitu kesiapan bertanggungjawab dan kemampuan bertanggungjawab . Kesiapan tanggung jawab ditandai dengan adanya rasa tanggungjawab yang disertai dengan pengetahuan dan kepekaan terhadap segala yang harus ditanggungjawabi dan bagaimana cara bertanggungjawab . Sedang Kemampuan Bertanggungjawab berkaitan dengan keterampilan yang dimiliki untuk melaksanakan tanggungjawabnya itu .
Setiap kita yang ingin menjadi seorang pemimpin harus banyak belajar tentang tanggungjawab . Pertama kali ia harus melatih tanggungjawabnya terhadap diri sendiri . Ia harus menyadarai betul bahwa, banyak hal tentang kepemipinannya tak bisa diandalkan pada orang lain . Ia harus mengurus hal – hal yang mengenai tanggungjawab terhadap dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain . Ia bisa saja meminta bantuan orang lain untuk menangani satu atau dua hal , tapi itu bukan berarti tanggung jawab telah beralih kepada orang lain .
Memilki wawasan pengetahuan dan keterampilan tentang menjadi seorang pemimpin , adalah wujud tanggung jawab seorang pemimpin terhadap dirinya sendiri . Memang ia bisa saja meminta kepada orang yang sudah memiliki pengalaman menjadi pemimpin untuk mengajarkan masalah yang akan dihadapi seorang pemimpin . Namun tetap saja tanggung jawab memiliki pengetahuan kepemimpinan ada dipundak anda sendiri .


Disisi lain seorang pemimpin pun harus bertanggung jawab terhadap para anggotanya , artinya ada hal – hal mengenai keberlangsungan kinerja orang – orang yang ada dibawah kepemimpinannya . Seorang Pemimpin sangat bertanggungjawab terhadap kelangsungan kehidupan organisasinya dan kesuksesan kinerja para anggotanya . Ia juga harus memiliki kepekaan tingkat tinggi terhadap sejumlah pekerjaan yang di andalkan orang kepada dirinya ketika ia menjadi pemimpin .

Ditulis oleh : BAYU SYAHREZZA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar